Animasi sangat sering kali kita lihat di film - film yang ada di televisi ataupun web online . Animasi biasanya di gunkaan paling banyak pada film yang bertakjub Action dan pada film Hollywood animasi yang di gunkaan sangatlah luar biasa kerenya . Namun beberapa orang belem mengetahui jenis - jenis animasi yang ada . Dibawah ini adalah jenis - jenis animasi
Jenis Animasi
Pada dasarnya, animasi
dibagi menjadi 2 jenis, yaitu animasi tradisional dan animasi computer. Animasi
tradisional adalah proses pembuatan animasi dengan menggambar atau melukis
dengan tangan. Jenis animasi ini juga sering disebut dengan animasi cel karena
pengerjaannya dilakukan dengan celluloid. Pada pembuatan animasi tradisional,
setiap gerakan dari animasi digambar manual satu persatu diatas cel.
Sedangkan animasi computer
adalah seni menghasilkan gambar bergerak dengan computer, mulai dari pembuatan
karakter, pengaturan gerak dan kamera, pemberian suara, serta eek.Animasi yang
dibuat tergantung dengan teknik dan software yang digunakan. Berikut penjelasan
masing-masing jenis animasi:
- Animasi Sel (Cell Animation)
Pembuatan animasi cel
dimulai dengan keyframe yang
merupakan frame pertama dan terakhir
dari sebuah aksi. Sel animasi merupakan sel yang terpisah
dari lembaran latar belakang
dan sebuah sel untuk masing-masing obyek yang bergerak mandiri di atas latar
belakang. Lembaran-lembaran ini memungkinkan animator untuk memisahkan dan
menggambar kembali bagian-bagian gambar yang berubah antara frame yang berurutan. Sebuah frame terdiri dari sel latar belakang
dan sel obyek yang berada di atasnya.
Diantara lembaran-lembaran
tersebut dapat di sisipi dengan efek animasi agar karakter bergerak dengan
mulus. Frame-frame yang digunakan
untuk menyisipi celah tersebut disebut keyframe.
Selain dengan keyframe, proses dan
terminology animasi sel dengan layering
dan tweening dapat dibuat dengan
animasi computer.
- Animasi Frame
Animasi frame merupakan animasi yang paling sederhana, dimana animasi
didapat dari rangkaian gambar yang bergantian ditunjukan, pergantian gambar ini
diukur dalam satuan fps (frame per second).
Bisa diumpamakan seperti buku yang mempunyai gambar berseri di tepi halaman
berurutan. Bila jempol membuka buku dengan cepat maka gambar terlihat bergerak.
Dalam sebuah film, serangkaian frame
begerak melalui proyektor film dengan kecepatan sekitar 24 fps maka setiap frame mengandung satu gambar yang tampil
pada layar begitu frame yang
bersangkutan muncul.
Jenis animasi ini juga
berkembang menjadi animasi stop motion saat ini. Jenis animasi ini menggunakan
sekumpulan foto boneka atau clay,
yang disusun
sedemikian rupa sehingga
membuat para gambar-gambar tersebut membentuk suatu adegan.
- Animasi Sprite
Animasi sprite serupa dengan teknis animasi tradisional, yaitu obyek yang
diletakan dan dianimasikan pada bagian puncak grafik dengan latar belakang
diam. Sprite adalah setiap bagian
dari animasi yang bergerak secara mandiri, misalnya burung terbang, planet
berotasi, bola memantul-mantul atau logo berputar. Sprite beranimasi dan bergerak sebagai obyek yang mandiri.
Dalam animasi sprite, sebuah gambar tunggal atau
berurutan dapat ditempelkan dalam sprite.Sprite dapat dianimasikan dalam satu
tempat, seperti halnya planet berputar atau burung bergerak sepanjang garis
lurus. Animasi sprite berbeda dengan
animsi frame, dalam urutan
masing-masing frame, animator hanya
dapat memperbaiki dari layar yang mengandung sprite. Animator tidak dapat memperbaiki bagian dalam yang
ditampilkan layar untuk masing-masing frame,
seperti yang dapat dikerjakan pada animasi frame.
- Animasi Lintasan (Path)
Animasi lintasan adalah
animasi dari obyek yang bergerak sepanjang garis kurva yang ditentukan sebagai
lintasan. Animasi ini sangat membantu dalam membuat animasi kereta api, pesawat
terbang dan kamera yang bergerak pada lintasannya. Kadangkala animasi sprite
disebut juga animasi lintasan, jika sprite yang begerak diletakan sepanjang
garis kurva sebagai lintasan.
- Animasi Spline
Spline adalah representasi matematis dari kurva. Bila obyek
bergerak tidak mengikuti garis lurus, misalnya berbentuk kurva. Program animasi
computer memungkinkan untuk membuat animasi spline dengan lintasan gerakan
berbentuk kurva.
Untuk mendefinisikan animasi
spline, posisi pertama pada sebuah
titik pijak. Kurva itu sendiri melewati titik pijak. Titik pijak mendefinisikan
awal dan akhir dari bagian kurva yang berbeda. masing-masing titik pijak dapat
dikendalikan sehingga memungkinkan untuk mengubah bentuk kurva antara dua titik
pijak.
- Animasi Vektor
Sebuah vector merupakan
garis yang memiliki ujung pangkal, arah dan panjang. Animasi vector serupa
dengan animasi sprite. Namun jika animasi sprite menggunakan bitmap, animasi
vector menggunakan rumus matematika untuk menggambarkan sprite. Rumus ini
serupa dengan rumus yang menggambarkan kurva sprite. Animasi vector menjadikan
obyek bergerak dengan memvariasikan ketiga parameter ujung pangkal, arah dan
panjang pada segmen-segmen garis yang menentukan obyek.
- Animasi Karakter
Animasi
karakter merupakan sebuah cabang khusus animasi. Animasi ini berbeda dari
animasi lainnya, misalnya grafik bergerak yang animasi logo yang melibatkan
bentuk organik yang kompleks dengan penggandaan yang banyak. Untuk gerakan
manusia, tidak hanya mulut, mata, muka dan tangan yang bergerak
tetapi semua gerakan pada
waktu yang sama. Animasi karakter biasanya digunakan dalam kartun 3 dimensi,
oleh karena itu ada juga yang menyebutnya animasi 3 dimensi. Pada animasi ini
tiap karakter memiliki ciri dan gerakan yang berbeda tetapi bergerak secara
bersamaan.
- Computational Animation
Ada dua cara menggerakan
satu kata di layar monitor yaitu membuat serangkaian frame yang menunjukan
jalannya kata di layar, yang tiap framenya mewakili satu moment in time selama kata itu bergerak. Namun ini sangat tidak
efesien, sebab itu memakan banyak memori dan butuh waktu lama bagi pemakai
untuk membuat frame.
Dengan Computational Animation untuk menggerakan obyek di layar cukup
memvariasikan koordinat x dan y. koordinat x merupakan posisi horizontal obyek
yaitu berupa jauh kiri-kanan. Koordinat y merupakan posisi vertical, yakni
berapa jauh atas-bawah layar.
- Morphing
Morphing artinya mengubah satu bentuk menjadi bentuk lain dengan
menampilkan serangkaian frame yang menciptakan gerakan halus begitu bentuk
pertama mengubah dirinya menjadi bentuk lain. Teknik ini bisa dilakukan dengan
menggunakan program Morpheus.
Makalah tentang Jenis - Jenis Animasi Terbaru
4/
5
Oleh
ss