Kamis, 17 November 2016

Makalah Indikator Keberhasilan Berbicara Ilmiah

Makalah Indikator Keberhasilan Berbicara Ilmiah

"Berbicara ilmiah" merupakan satu bagian tak terpisahkan dari kegiatan kita sebagai mahasiswa. Dengan berbicara ilmiah, kita berusaha mengkomunikasikan ide kita secara langsung kepada pendengar yang berarti juga pada komunitas ilmiah.

Banyak mahasiswa yang sebenarnya materinya sangat menarik, tapi cara memberbicara ilmiahkan idenya membuat orang malas mengikuti. Ada yang berbicara ilmiah sambil membaca teks, ada yang terlalu banyak memakai animasi power point yang tidak perlu (huruf loncat-loncat, bendera berkibar-kibar), ada juga yang berbicara ilmiah seperti membaca hafalan tanpa sekalipun eye-contact dengan pendengar. Sebaliknya, ada juga berbicara ilmiah yang disajikan amat menarik, efektif, mampu berkomunikasi dengan audience, kadang diselingi humor, sehingga mampu meraih perhatian pendengarnya.

Cara yang mudah untuk menilai pembicaraan kita adalah dari pertanyaan yang diajukan. Berbicara ilmiah yang menarik, akan memancing banyaknya pertanyaan dan komentar dari pendengar, walau komentar yang bersifat kontra/serangan balik sekalipun. Sebaliknya, kalau tidak ada pertanyaan sama sekali dari pendengar, berarti berbicara ilmiah kita gagal, pembicaraan kita tidak menarik, atau membosankan (pendengar mungkin ingin agar sesi kita cepat selesai untuk beralih ke pembicara berikutnya).

Dalam berbicara ilmiah, sangat penting bahwa ide yang disampaikan dapat difahami secara keseluruhan oleh pendengar. Untuk itu, saat menyiapkan slide, pada bagian awal jelaskan item-item apa saja yang akan dibahas. Selanjutnya jelaskan secara detail masing-masing item tersebut. Hal yang sama dilakukan juga saat menjelaskan tiap item/sub bahasan. Pertama-tama jelaskan secara singkat hal apa saja yang akan dibahas, baru diikuti dengan penjelasan detail masing masing sub bahasan.

Misalnya anda ingin menjelaskan karakteristik metode yang anda teliti. Pertama-tama jelaskan ada berapakah karakteristik dari metode tsb. Setelah itu, diikuti dengan menjelaskan masing-masing karakteristik tersebut secara berurutan dan terstruktur.

Jika anda menjelaskan hasil eksperimen, pertama-tama jelaskan bagian terpenting dari hasil tersebut dengan kalimat yang sederhana dan mudah ditangkap. Baru kemudian siapkan slide yang menjelaskan secara detail karakteristik hasil yang diperoleh.

Demikianlah Makalah Indikator Keberhasilan Berbicara Ilmiah ,terimakasih

Artikel Terkait

Makalah Indikator Keberhasilan Berbicara Ilmiah
4/ 5
Oleh