Dalam
melakukan penelitian untuk mendapat data, penulis menggunakan metode sebagai
berikut:
1. Metode Observasi
Yaitu metode
pengumpulan data yang di lakukan secara langsung datang ke Predator Skateshop
Yogyakarta oleh penulis untuk mengumpulkan data secara lengkap, tepat dan
akurat.
2.
Metode Interview (Wawancara)
Data yang
diperoleh dari pertanyaan-pertanyaan secara langsung dengan mewawancarai
pemilik dari Predator Skateshop Yogyakarta. Cara ini adalah cara yang paling efektif
untuk mengumpulkan data informasi secara akurat.
3.
Metode Kepustakaan (Library)
Metode
kepustakaan ini mengacu pada buku-buku atau literatur-literatur yang dibutuhkan
sebagai tambahan referensi peneliti, mengenai teori cara pembuatan iklan dimana
semuanya berkaitan dengan permasalahan yang akan dibahas.
Metode Penelitian 2
1.Metode Pengumpulan Data
a.Wawancar
1.Metode Pengumpulan Data
a.Wawancar
Mengumpulkan data dengan cara
bertanya kepada respoden secara langsung. Proses percakapan yang berbentuk
tanya jawab secara sepihak yang dilakukan dengan bertatap muka secara langsung
dengan tujuan penelitian.Dalam penelitian ini penulis
melakukan beberapa metode dalam pengumpulan informasi. Adapun langkah-langkah
dalam melakukan penelitian ini adalah sebagai berikut
b.Ovservasi
Observasi
adalah pengumpulan data dengan cara mengamati secara langsung dan pencatatan
secara sistematis terhadap obyek yang akan diteliti.
c.Studi
Pustaka
Menghimpun informasi yang relevan
dengan topik atau masalah yang akan atau sedang diteliti. Proses pengumpulan
data melalui buku-buku atau tutorial-tutorial dan segala materi yang berkaitan
dengan proses pembuatan animasi 2D ini yang dapat di peroleh di perpustakaan
maupun file-file dari internet.
Metode
analisis yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan pendekatan secara
Kualitatif.
Setelah penulis
menganalisa animasi maka penulis merancang animasi melalui tahap Pra-Produksi,
yaitu membuat ide cerita, membuat script,
membuat storyboard dan analisis
kebutuhan software maupun hardware
1. Produksi
Peneliti mulai membuat animasi sesuai dengan konsep
yang telah di rancang.
2. Pasca-Produksi
Dalam tahap ini peneliti melakukan editing animasi,
mulai dari penyusunan animasi, penambahan audio
kemudian editing hingga rendering.
Pada metode ini penulis akan
melakukan uji coba animasi 2D “Senang Bersedekah untuk Anak Usia 5 Sampai 13
Tahun di MI Modern Bani Adam” Apakah animasi yang telah dibuat disetujui oleh
pihak MI Modern Bani Adam Boyolali untuk digunakan sebagai media pembelajaran
dalam menyampaian salah satu kegiatan positif yaitu senang bersedekah sejak dini.
Contoh Metode Penelitian Makalah dan Skripsi Lengkap
4/
5
Oleh
ss