Di bawah ini adalah pembuatan BAB 1 pada skripsi atau tugas akhir yang baik dan benar menurut aturan yang ada .
1.Perancangan dan Pembuatan Animasi 2D “Senang Bersedekah untuk Anak Usia 5 sampai 13 Tahun di MI Modern Bani Adam Boyolali”
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Perkembangan
Animasi saat ini sangat berkembang pesat dan diminati oleh berbagai kalangan.
Mulai dari kalangan dewasa, remaja bahkan anak-anak lebih memiliki ketertarikan
yang tinggi terhadap animasi. Hal ini dapat dibuktikan dengan maraknya
animasi-animasi kartun yang di tayangkan ditelevisi. Kemajuan teknologi animasi
dijadikan sebagai alat bantu untuk menyampaikan informasi.
Animasi dalam dunia pendidikan memberikan
berbagai keuntungan bagi orang tua atau guru dan juga bagi anak-anak. Bagi
orang tua, animasi dapat dijadikan sebagai
sarana untuk mendidik anak dalam membangun karakter. Bagi pihak
pengajar, animasi dapat mempermudah proses pembelajaran dan pengajaran dalam
penyampaian materi kepada anak. Bagi anak, animasi dapat meningkatkan minat
belajar dan pemahaman terhadap suatu bidang ilmu tertentu.
Pada masa usia dini merupakan masa
unik dalam kehidupan anak, karena merupakan masa pertumbuhan. Oleh karena itu
perlu ditanamkan dan diberikan pemahaman sejak dini mengenai hal-hal yang
positif, salah satunya adalah dengan bersedekah. Bersedekah
merupakan pemberian sesuatu yang bermanfaat kepada orang lain dapat berupa
barang atau jasa secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan
jumlah tertentu. Kegiatan positif tersebut disampaikan melalui
animasi
2D menggunakan gaya visual. Diharapkan dapat membentuk karakter yang peka
terhadap lingkungan sekitar dan menumbuhkan rasa tolong-menolong sejak dini.
Dari penjelasan diatas maka penulis
tertarik untuk membuat sebuah penelitian animasi 2D berdasarkan peluang untuk
membantu dan mendidik karakter anak tentang bersedekah, yaitu dengan judul
Perancangan dan Pembuatan Animasi 2D “Senang Bersedekah untuk Anak Usia 5
sampai 13 Tahun di MI Modern Bani Adam Boyolali”. Dimana dengan adanya
media pembelajaran dalam bentuk animasi tersebut, dapat membantu orangtua dalam
mendidik karakter anak dan membantu memperkenalkan kegiatan positif kepada anak
yaitu mengenal sedekah. Dalam penelitian ini teknik yang digunakan penulis
dalam membuat animasi 2D yaitu teknik Cut
Out, dan dalam
pengerjaannya menggunakan software Adobe After Effect CS6.
1.2 Rumusan
Masalah
Berdasarkan
latar belakang yang telah dijelaskan sebelumnya, maka dapat dirumuskan masalah
yaitu : Bagaimana cara merancang dan
membuat “Animasi 2D Senang Bersedekah Untuk Anak Usia 5 Sampai 13 Tahun di MI
Modern Bani Adam Boyolali” ?
1.3 Batasan
Masalah
Agar
penelitian ini lebih terarah, terfokus, dan menghindari pembahasan menjadi
terlalu luas, maka penulis perlu membatasinya. Adapun batasan masalah dalam
penelitian ini adalah sebagaai berikut.
1. Animasi
yang dibuat hanya dalam bentuk animasi 2D dengan tema senang bersedekah untuk
anak usia 5 sampai 13 tahun.
2. Teknik yang digunakan dalam
pembuatan animasi 2D ini hanya dengan menggunakan teknik Cut Out.
3. Software yang digunakan dalam
pemembuat animasi 2D ini menggunakan Adobe Affter Effect CS6, Adobe Photoshop
CS6, Adobe Audition CS6.
4. Karakter anak yang digunakan dalam
animasi 2D ini anak usia 9 tahun.
5. Informasi yang disampaikan hanya
membahas tentang bersedekah.
6. Objek
penelitian di MI Modern Bani Adam Boyolali.
1.4 Maksud
dan Tujuan Penelitian
Maksud dan Tujuan penulis dalam
melakukan penelitian serta menyusun penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Dalam
animasi 2D senang bersedekah ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada
anak tentang manfaat yang diperoleh dari bersedekah.
2. Diharapkan
dapat membantu orang tua dalam mendidik karakter anak untuk melakukan kegiatan
positif seperti bersedekah yang disampaikan melalui media animasi 2D.
3. Sebagai
langkah upaya untuk implementasi IT dan pengabdian masyarakat dalam dunia
pendidikan. Ilmu yang diperoleh selama kuliah di Sekolah Tinggi Manajemen
Informatika dan Komputer “AMIKOM” Yogyakarta.
1.5 Metode Penelitian
Dalam penelitian ini penulis
melakukan beberapa metode dalam pengumpulan informasi. Adapun langkah-langkah
dalam melakukan penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.5.1 Metode
Pengumpulan Data
1.
Wawancara
Mengumpulkan data dengan cara
bertanya kepada respoden secara langsung. Proses percakapan yang berbentuk
tanya jawab secara sepihak yang dilakukan dengan bertatap muka secara langsung
dengan tujuan penelitian.
2.
Ovservasi
Observasi
adalah pengumpulan data dengan cara mengamati secara langsung dan pencatatan
secara sistematis terhadap obyek yang akan diteliti.
3.
Studi
Pustaka
Menghimpun informasi yang relevan
dengan topik atau masalah yang akan atau sedang diteliti. Proses pengumpulan
data melalui buku-buku atau tutorial-tutorial dan segala materi yang berkaitan
dengan proses pembuatan animasi 2D ini yang dapat di peroleh di perpustakaan
maupun file-file dari internet.
1.5.2 Metode
Analisis
Metode
analisis yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan pendekatan secara
Kualitatif.
1.5.3 Metode
Perancangan
Setelah penulis
menganalisa animasi maka penulis merancang animasi melalui tahap Pra-Produksi,
yaitu membuat ide cerita, membuat script,
membuat storyboard dan analisis
kebutuhan software maupun hardware.
1.5.4 Metode Pengembangan
1. Produksi
Peneliti mulai membuat animasi sesuai dengan konsep
yang telah di rancang.
2. Pasca-Produksi
Dalam tahap ini peneliti melakukan editing animasi,
mulai dari penyusunan animasi, penambahan audio
kemudian editing hingga rendering.
1.5.5 Metode Testing
Pada metode ini penulis akan
melakukan uji coba animasi 2D “Senang Bersedekah untuk Anak Usia 5 Sampai 13
Tahun di MI Modern Bani Adam” Apakah animasi yang telah dibuat disetujui oleh
pihak MI Modern Bani Adam Boyolali untuk digunakan sebagai media pembelajaran
dalam menyampaian salah satu kegiatan positif yaitu senang bersedekah sejak dini.
1.6 Sistematika
Penulisan
Sistematika
yang digunakan penulis akan memuat uraian secara garis besar dari isi
penelitian dalam tiap bab, yaitu sebagai berikut :
BAB I – PENDAHULUAN
Dalam bab ini akan menguraikan
tentang latar belakang, rumusan masalah, batasan masalah, maksud dan tujuan,
metode penelitian, dan sistematika penulisan.
BAB
II – LANDASAN TEORI
Pada bab ini akan dibahas mengenai
teori-teori yang mendukung dalam proses penyusunan penelitian ini. Berisi
mengenai definisi-definisi dan teori-teori yang menjadi dasar dalam penulisan
penelitian yang diambil dari berbagai sumber.
BAB III – ANALISIS DAN PERANCANGAN
Dalam bab ini akan dijelaskan mulai
dari gambaran umum, analisis kebutuhan, dan pra produksi, dalam hal ini
meliputi ide cerita, tema cerita, logline, sinopsis, character development,
screenplay, storyboard.
BAB IV – IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN
Dalam bab ini menjelaskan mengenai
proses pembuatan animasi 2D , kemudian tahap produksi, meliputi pembuatan
karakter, background, Kemudian dalam tahap pasca produksi atau dubbing,
editing, compositing dan testing.
BAB V PENUTUP
Dalam bab ini akan dijelaskan
mengenai kesimpulan dan saran-saran yang didapatkan dari penelitian yang telah
penulis lakukan.
DAFTAR PUSTAKA
Pada daftar pustaka ini berisi
tentang sumber-sumber yang penulis gunakan untuk menulis penelitian, baik
berupa literature dari interneet, buku panduan, jurnal atau media lainya.
2.“Pembuatan Iklan Sebagai Media Promosi Pada Predator Skateshop Yogyakarta Dengan Menggunakan Metode Motion Tracking”
BAB I
Informasi adalah salah satu dari beberapa kebutuhan yang
sangat penting bagi setiap orang, dengan berbagai macam media yang berkembang
pesat saat ini. Salah satunya adalah media iklan televisi, promosi menggunakan
media iklan televisi memberikan daya tarik tersendiri bagi penontonnya, dengan
memberikan informasi yang jelas dan menarik pasti maka akan menghasilkan
tanggapan atau kesan yang baik dari konsumen dan akan memberikan keuntungan
bagi produsen.
Meningkatkan daya tarik calon konsumen adalah proses
yang sangat sulit, dengan penelitian yang dilakuan oleh penulis ke objek
penelitian ini, penulis menemukan bahwa promosi yang dilakukan Predator
Skateshop Yogyakarta mungkin masih menggunakan media promosi umum seperti
facebook dan melalui brosur. Media ini dirasa masih kurang luas cakupannya,
dengan adanya media iklan televisi ini diharapkan perluasan informasi tentang Predator
Skateshop Yogyakarta dapat lebih efektif dan interaktif.
Dari latar belakang masalah tersebut, penulis
mengangkat sebuah judul “Pembuatan Iklan Sebagai Media Promosi Pada Predator
Skateshop Yogyakarta Dengan Menggunakan Metode Motion Tracking” dengan adanya iklan tersebut diharapkan dapat
memberikan informasi kepada konsumen dan dapat memperluas pemasaran.
Berdasarkan latar belakang di atas maka dapat di buat rumusan
masalah yaitu : Bagaimana membuat iklan Predator Skateshop Yogyakarta yang
dapat menarik minat para pengunjung dengan menggunakan metode Motion Tracking?
Sesuai dengan rumusan masalah diatas, maka batasan
masalah yang di lampirkan, yaitu :
1.
Iklan ini dibuat untuk Predator Skateshop sebagai media
promosi dalam bentuk video.
2.
Peneliti menawarkan teknik Motion Tracking yang diterapkan dan memproduksi iklan serta ikut
dalam mendistribusikannya.
3.
Hasil pembuatan teknik Motion
Tracking ini akan berbentuk iklan berdurasi kurang lebih 45 detik dan
menggunakan format standar iklan di indonesia.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pembuatan
skripsi ini, yaitu sebagai berikut :
1.
Membuat video iklan berbasis Motion Tracking untuk Predator Skateshop Yogyakarta.
2.
Untuk memperkenalkan secara keseluruhan fisik toko dari Predator
Skateshop Yogyakarta.
- Dapat
memberikan informasi lengkap kepada konsumen dan dapat memperluas
pemasaran Predator Skateshop Yogyakarta.
4.
Sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan
program Strata 1 Sistem Informatika Pada STMIK Amikom Yogyakarta.
Video iklan yang telah
selesai dibuat dapat digunakan Predator Skateshop Yogyakarta sebagai media
untuk membantu promosi kepada masyarakat luas terutama kalangan anak muda
sehingga dapat menambah jumlah pengunjung dan meningkatkan pendapatan dalam
peenjualan produk dalam negri maupun luar negri di Predator Skateshop
Yogyakarta.
Dalam
melakukan penelitian untuk mendapat data, penulis menggunakan metode sebagai
berikut:
1. Metode Observasi
Yaitu metode
pengumpulan data yang di lakukan secara langsung datang ke Predator Skateshop
Yogyakarta oleh penulis untuk mengumpulkan data secara lengkap, tepat dan
akurat.
2.
Metode Interview (Wawancara)
Data yang
diperoleh dari pertanyaan-pertanyaan secara langsung dengan mewawancarai
pemilik dari Predator Skateshop Yogyakarta. Cara ini adalah cara yang paling efektif
untuk mengumpulkan data informasi secara akurat.
3.
Metode Kepustakaan (Library)
Metode
kepustakaan ini mengacu pada buku-buku atau literatur-literatur yang dibutuhkan
sebagai tambahan referensi peneliti, mengenai teori cara pembuatan iklan dimana
semuanya berkaitan dengan permasalahan yang akan dibahas.
Agar lebih mudah
dipahami sistematika penyusunan laporan skripsi ini dibagi menjadi beberapa bab,
yaitu sebagai berikut:
BAB I
PENDAHULUAN
Bab ini
menguraikan tentang latar belakang masalah, perumusan masalah, batasan masalah,
tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian, dan sistematika penulisan.
BAB II
LANDASAN TEORI
Bab ini menguraikan tinjauan
pustaka dan masalah mengenai pengenalan iklan sebagai media promosi yang mampu
meningkatkan daya tarik konsumen dan pelanggan.
BAB III
ANALISIS DAN PERANCANGAN
Pada bab ini berisi profil singkat Predator Skateshop Yogyakarta.
Membahas tentang ide cerita, naskah, storyboard,
dan analisis mengenai praproduksi.
BAB IV
IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN
Bab yang membahas proses
pembuatan iklan dari hasil analisis yang telah dibahas, yaitu tahap produksi
dan pasca produksi.
BAB V
PENUTUP
Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran yang sifatnya
membangun untuk bahan peninjauan selanjutnya.
DAFTAR
PUSTAKA
Berisi tentang sumber-sumber ataupun buku-buku yang
menjadi referensi atau acuan dalam penyusunan skripsi ini.
3.“Pembuatan Iklan Sebagai Media Promosi Pada Warhole Convection Yogyakarta Dengan Menggunakan Metode “motion graphics”
Informasi adalah salah satu dari beberapa kebutuhan yang
sangat penting bagi setiap orang, dengan berbagai macam media yang berkembang
pesat saat ini. Salah satunya adalah media iklan televisi, promosi menggunakan media
iklan televisi memberikan daya tarik tersendiri bagi penontonnya, dengan
memberikan informasi yang jelas dan menarik pasti akan menghasilkan tanggapan
atau kesan yang baik dari konsumen dan akan memberikan keuntungan bagi
produsen.
Meningkatkan daya tarik calon konsumen adalah proses
yang sangat sulit, dengan penelitian yang dilakuan oleh penulis ke objek
penelitian ini, penulis menemukan bahwa promosi yang dilakukan Warhole
Convection Yogyakarta mungkin masih menggunakan media promosi umum seperti facebook
Instagram brosur dan kerabat. Media ini dirasa masih kurang luas cakupannya,
dengan adanya media iklan televisi ini diharapkan perluasan informasi tentang Warhole
Convection Yogyakarta dapat lebih efektif dan interaktif.
Dari latar belakang masalah tersebut, penulis
mengangkat sebuah judul “Pembuatan Iklan Sebagai Media Promosi Pada Warhole
Convection Yogyakarta Dengan Menggunakan Metode “motion graphics” dengan adanya iklan tersebut diharapkan dapat
memberikan informasi kepada konsumen dan dapat memperluas pemasaran.
Berdasarkan latar belakang di atas maka dapat di buat rumusan
masalah yaitu : Bagaimana membuat iklan Warhole Convection Yogyakarta yang
dapat menarik minat para pengunjung dengan menggunakan metode motion graphics ?
Sesuai dengan rumusan masalah diatas, maka batasan
masalah yang di lampirkan, yaitu :
1.
Iklan ini dibuat untuk Warhole Convection sebagai media
promosi dalam bentuk video.
2.
Peneliti menawarkan teknik motion graphics yang diterapkan dan memproduksi iklan serta ikut
dalam mendistribusikannya.
3.
Hasil pembuatan teknik motion
graphics ini akan berbentuk iklan berdurasi kurang lebih 30 detik dan
menggunakan format standar iklan di indonesia.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pembuatan
skripsi ini, yaitu sebagai berikut :
1.
Membuat video iklan berbasis motion graphics untuk Warhole Convection Yogyakarta.
2.
Untuk memperkenalkan secara keseluruhan tentang perusahaan
dari Warhole Convection Yogyakarta.
- Dapat
memberikan informasi lengkap kepada konsumen dan dapat memperluas
pemasaran Warhole
Convection Yogyakarta.
4.
Sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan
program Strata 1 Sistem Informatika Pada STMIK Amikom Yogyakarta.
Video iklan yang telah
selesai dibuat dapat digunakan Warhole Convection Yogyakarta sebagai media
untuk membantu promosi kepada masyarakat luas terutama kalangan anak muda
sehingga dapat menambah jumlah pengunjung dan meningkatkan pendapatan dalam
peenjualan produk dalam negri maupun luar negri di Warhole Convection Yogyakarta.
Dalam
melakukan penelitian untuk mendapat data, penulis menggunakan metode sebagai
berikut:
1. Metode Observasi
Yaitu metode
pengumpulan data yang di lakukan secara langsung datang ke Warhole Convection
Yogyakarta oleh penulis untuk mengumpulkan data secara lengkap, tepat dan
akurat.
2.
Metode Interview (Wawancara)
Data yang
diperoleh dari pertanyaan-pertanyaan secara langsung dengan mewawancarai
pemilik dari Warhole Convection Yogyakarta. Cara ini adalah cara yang paling
efektif untuk mengumpulkan data informasi secara akurat.
3.
Metode Kepustakaan (Library)
Metode
kepustakaan ini mengacu pada buku-buku atau literatur-literatur yang dibutuhkan
sebagai tambahan referensi peneliti, mengenai teori cara pembuatan iklan dimana
semuanya berkaitan dengan permasalahan yang akan dibahas.
Agar lebih mudah
dipahami sistematika penyusunan laporan skripsi ini dibagi menjadi beberapa bab,
yaitu sebagai berikut:
BAB I
PENDAHULUAN
Bab ini
menguraikan tentang latar belakang masalah, perumusan masalah, batasan masalah,
tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian, dan sistematika penulisan.
BAB II
LANDASAN TEORI
Bab ini menguraikan tinjauan
pustaka dan masalah mengenai pengenalan iklan sebagai media promosi yang mampu
meningkatkan daya tarik konsumen dan pelanggan.
BAB III
ANALISIS DAN PERANCANGAN
Pada bab ini berisi profil singkat Warhole Convection Yogyakarta.
Membahas tentang ide cerita, naskah, storyboard,
dan analisis mengenai praproduksi.
BAB IV
IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN
Bab yang membahas proses
pembuatan iklan dari hasil analisis yang telah dibahas, yaitu tahap produksi
dan pasca produksi.
BAB V
PENUTUP
Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran yang sifatnya
membangun untuk bahan peninjauan selanjutnya.
DAFTAR
PUSTAKA
Berisi tentang sumber-sumber ataupun buku-buku yang
menjadi referensi atau acuan dalam penyusunan skripsi ini.
3 contoh BAB 1 pada Skripsi yang Baik dan Benar
4/
5
Oleh
ss