Sabtu, 29 Oktober 2016

3 contoh BAB 1 pada Skripsi yang Baik dan Benar

Di bawah ini adalah pembuatan BAB 1 pada skripsi atau tugas akhir yang baik dan benar menurut aturan yang ada .

contoh BAB 1 pada Skripsi yang Baik dan Benar

1.Perancangan dan Pembuatan Animasi 2D “Senang Bersedekah untuk Anak Usia 5 sampai 13 Tahun di MI Modern Bani Adam Boyolali”

BAB I

PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang                                                            
Perkembangan Animasi saat ini sangat berkembang pesat dan diminati oleh berbagai kalangan. Mulai dari kalangan dewasa, remaja bahkan anak-anak lebih memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap animasi. Hal ini dapat dibuktikan dengan maraknya animasi-animasi kartun yang di tayangkan ditelevisi. Kemajuan teknologi animasi dijadikan sebagai alat bantu untuk menyampaikan informasi.
            Animasi dalam dunia pendidikan memberikan berbagai keuntungan bagi orang tua atau guru dan juga bagi anak-anak. Bagi orang tua, animasi dapat dijadikan sebagai sarana untuk mendidik anak dalam membangun karakter. Bagi pihak pengajar, animasi dapat mempermudah proses pembelajaran dan pengajaran dalam penyampaian materi kepada anak. Bagi anak, animasi dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman terhadap suatu bidang ilmu tertentu.
            Pada masa usia dini merupakan masa unik dalam kehidupan anak, karena merupakan masa pertumbuhan. Oleh karena itu perlu ditanamkan dan diberikan pemahaman sejak dini mengenai hal-hal yang positif, salah satunya adalah dengan bersedekah. Bersedekah merupakan pemberian sesuatu yang bermanfaat kepada orang lain dapat berupa barang atau jasa secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Kegiatan positif tersebut disampaikan melalui


animasi 2D menggunakan gaya visual. Diharapkan dapat membentuk karakter yang peka terhadap lingkungan sekitar dan menumbuhkan rasa tolong-menolong sejak dini.
            Dari penjelasan diatas maka penulis tertarik untuk membuat sebuah penelitian animasi 2D berdasarkan peluang untuk membantu dan mendidik karakter anak tentang bersedekah, yaitu dengan judul Perancangan dan Pembuatan Animasi 2D “Senang Bersedekah untuk Anak Usia 5 sampai 13 Tahun di MI Modern Bani Adam Boyolali”. Dimana dengan adanya media pembelajaran dalam bentuk animasi tersebut, dapat membantu orangtua dalam mendidik karakter anak dan membantu memperkenalkan kegiatan positif kepada anak yaitu mengenal sedekah. Dalam penelitian ini teknik yang digunakan penulis dalam membuat animasi 2D yaitu teknik Cut Out, dan dalam pengerjaannya menggunakan software Adobe After Effect CS6.

1.2       Rumusan Masalah

            Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan sebelumnya, maka dapat dirumuskan masalah yaitu : Bagaimana cara merancang  dan membuat “Animasi 2D Senang Bersedekah Untuk Anak Usia 5 Sampai 13 Tahun di MI Modern Bani Adam Boyolali” ?

1.3       Batasan Masalah

            Agar penelitian ini lebih terarah, terfokus, dan menghindari pembahasan menjadi terlalu luas, maka penulis perlu membatasinya. Adapun batasan masalah dalam penelitian ini adalah sebagaai berikut.
1.      Animasi yang dibuat hanya dalam bentuk animasi 2D dengan tema senang bersedekah untuk anak usia 5 sampai 13 tahun.
2.      Teknik yang digunakan dalam pembuatan animasi 2D ini hanya dengan menggunakan teknik Cut Out.
3.      Software yang digunakan dalam pemembuat animasi 2D ini menggunakan Adobe Affter Effect CS6, Adobe Photoshop CS6, Adobe Audition CS6.
4.      Karakter anak yang digunakan dalam animasi 2D ini anak usia 9 tahun.
5.      Informasi yang disampaikan hanya membahas tentang bersedekah.
6.      Objek penelitian di MI Modern Bani Adam Boyolali.

1.4       Maksud dan Tujuan Penelitian

            Maksud dan Tujuan penulis dalam melakukan penelitian serta menyusun penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.      Dalam animasi 2D senang bersedekah ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada anak tentang manfaat yang diperoleh dari bersedekah.
2.      Diharapkan dapat membantu orang tua dalam mendidik karakter anak untuk melakukan kegiatan positif seperti bersedekah yang disampaikan melalui media animasi 2D.
3.      Sebagai langkah upaya untuk implementasi IT dan pengabdian masyarakat dalam dunia pendidikan. Ilmu yang diperoleh selama kuliah di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer “AMIKOM” Yogyakarta.

1.5       Metode Penelitian

            Dalam penelitian ini penulis melakukan beberapa metode dalam pengumpulan informasi. Adapun langkah-langkah dalam melakukan penelitian ini adalah sebagai berikut :

1.5.1    Metode Pengumpulan Data

1.      Wawancara
            Mengumpulkan data dengan cara bertanya kepada respoden secara langsung. Proses percakapan yang berbentuk tanya jawab secara sepihak yang dilakukan dengan bertatap muka secara langsung dengan tujuan penelitian.
2.      Ovservasi
            Observasi adalah pengumpulan data dengan cara mengamati secara langsung dan pencatatan secara sistematis terhadap obyek yang akan diteliti.


3.      Studi Pustaka
            Menghimpun informasi yang relevan dengan topik atau masalah yang akan atau sedang diteliti. Proses pengumpulan data melalui buku-buku atau tutorial-tutorial dan segala materi yang berkaitan dengan proses pembuatan animasi 2D ini yang dapat di peroleh di perpustakaan maupun file-file dari internet.

1.5.2    Metode Analisis

            Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan pendekatan secara Kualitatif.

1.5.3    Metode Perancangan

Setelah penulis menganalisa animasi maka penulis merancang animasi melalui tahap Pra-Produksi, yaitu membuat ide cerita, membuat script, membuat storyboard dan analisis kebutuhan software maupun hardware.

1.5.4    Metode Pengembangan

1.      Produksi
Peneliti mulai membuat animasi sesuai dengan konsep yang telah di rancang.
2.      Pasca-Produksi
Dalam tahap ini peneliti melakukan editing animasi, mulai dari penyusunan animasi, penambahan audio  kemudian editing hingga rendering.

1.5.5    Metode Testing

            Pada metode ini penulis akan melakukan uji coba animasi 2D “Senang Bersedekah untuk Anak Usia 5 Sampai 13 Tahun di MI Modern Bani Adam” Apakah animasi yang telah dibuat disetujui oleh pihak MI Modern Bani Adam Boyolali untuk digunakan sebagai media pembelajaran dalam menyampaian salah satu kegiatan positif yaitu senang bersedekah sejak dini.

1.6       Sistematika Penulisan

            Sistematika yang digunakan penulis akan memuat uraian secara garis besar dari isi penelitian dalam tiap bab, yaitu sebagai berikut :
BAB I – PENDAHULUAN
            Dalam bab ini akan menguraikan tentang latar belakang, rumusan masalah, batasan masalah, maksud dan tujuan, metode penelitian, dan sistematika penulisan.
BAB II – LANDASAN TEORI
            Pada bab ini akan dibahas mengenai teori-teori yang mendukung dalam proses penyusunan penelitian ini. Berisi mengenai definisi-definisi dan teori-teori yang menjadi dasar dalam penulisan penelitian yang diambil dari berbagai sumber.



BAB III – ANALISIS DAN PERANCANGAN
            Dalam bab ini akan dijelaskan mulai dari gambaran umum, analisis kebutuhan, dan pra produksi, dalam hal ini meliputi ide cerita, tema cerita, logline, sinopsis, character development, screenplay, storyboard.
BAB IV – IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN
            Dalam bab ini menjelaskan mengenai proses pembuatan animasi 2D , kemudian tahap produksi, meliputi pembuatan karakter, background, Kemudian dalam tahap pasca produksi atau dubbing, editing, compositing  dan testing.
BAB V PENUTUP
            Dalam bab ini akan dijelaskan mengenai kesimpulan dan saran-saran yang didapatkan dari penelitian yang telah penulis lakukan.
DAFTAR PUSTAKA

            Pada daftar pustaka ini berisi tentang sumber-sumber yang penulis gunakan untuk menulis penelitian, baik berupa literature dari interneet, buku panduan, jurnal atau media lainya.

2.“Pembuatan Iklan Sebagai Media Promosi Pada Predator Skateshop Yogyakarta Dengan Menggunakan Metode Motion Tracking

BAB I

            Informasi adalah salah satu dari beberapa kebutuhan yang sangat penting bagi setiap orang, dengan berbagai macam media yang berkembang pesat saat ini. Salah satunya adalah media iklan televisi, promosi menggunakan media iklan televisi memberikan daya tarik tersendiri bagi penontonnya, dengan memberikan informasi yang jelas dan menarik pasti maka akan menghasilkan tanggapan atau kesan yang baik dari konsumen dan akan memberikan keuntungan bagi produsen.
              Meningkatkan daya tarik calon konsumen adalah proses yang sangat sulit, dengan penelitian yang dilakuan oleh penulis ke objek penelitian ini, penulis menemukan bahwa promosi yang dilakukan Predator Skateshop Yogyakarta mungkin masih menggunakan media promosi umum seperti facebook dan melalui brosur. Media ini dirasa masih kurang luas cakupannya, dengan adanya media iklan televisi ini diharapkan perluasan informasi tentang Predator Skateshop Yogyakarta dapat lebih efektif dan interaktif.
              Dari latar belakang masalah tersebut, penulis mengangkat sebuah judul “Pembuatan Iklan Sebagai Media Promosi Pada Predator Skateshop Yogyakarta Dengan Menggunakan Metode Motion Tracking” dengan adanya iklan tersebut diharapkan dapat memberikan informasi kepada konsumen dan dapat memperluas pemasaran.
              Berdasarkan latar belakang di atas maka dapat di buat rumusan masalah yaitu : Bagaimana membuat iklan Predator Skateshop Yogyakarta yang dapat menarik minat para pengunjung dengan menggunakan metode Motion Tracking?
              Sesuai dengan rumusan masalah diatas, maka batasan masalah yang di lampirkan, yaitu :
1.      Iklan ini dibuat untuk Predator Skateshop sebagai media promosi dalam bentuk video.
2.      Peneliti menawarkan teknik Motion Tracking yang diterapkan dan memproduksi iklan serta ikut dalam mendistribusikannya.
3.      Hasil pembuatan teknik Motion Tracking ini akan berbentuk iklan berdurasi kurang lebih 45 detik dan menggunakan format standar iklan di indonesia.
              Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pembuatan skripsi ini, yaitu sebagai berikut :
1.      Membuat video iklan berbasis Motion Tracking untuk Predator Skateshop Yogyakarta.
2.      Untuk memperkenalkan secara keseluruhan fisik toko dari Predator Skateshop Yogyakarta.
  1. Dapat memberikan informasi lengkap kepada konsumen dan dapat memperluas pemasaran Predator Skateshop Yogyakarta.
4.      Sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan program Strata 1 Sistem Informatika Pada STMIK Amikom Yogyakarta.
              Video iklan yang telah selesai dibuat dapat digunakan Predator Skateshop Yogyakarta sebagai media untuk membantu promosi kepada masyarakat luas terutama kalangan anak muda sehingga dapat menambah jumlah pengunjung dan meningkatkan pendapatan dalam peenjualan produk dalam negri maupun luar negri di Predator Skateshop Yogyakarta.
Dalam melakukan penelitian untuk mendapat data, penulis menggunakan metode sebagai berikut:
      1.    Metode Observasi
Yaitu metode pengumpulan data yang di lakukan secara langsung datang ke Predator Skateshop Yogyakarta oleh penulis untuk mengumpulkan data secara lengkap, tepat dan akurat.
           2.    Metode Interview (Wawancara)
Data yang diperoleh dari pertanyaan-pertanyaan secara langsung dengan mewawancarai pemilik dari Predator Skateshop Yogyakarta. Cara ini adalah cara yang paling efektif untuk mengumpulkan data informasi secara akurat.
           3.    Metode Kepustakaan (Library)
Metode kepustakaan ini mengacu pada buku-buku atau literatur-literatur yang dibutuhkan sebagai tambahan referensi peneliti, mengenai teori cara pembuatan iklan dimana semuanya berkaitan dengan permasalahan yang akan dibahas.
              Agar  lebih mudah dipahami sistematika penyusunan laporan skripsi ini dibagi menjadi beberapa bab, yaitu sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN
            Bab ini menguraikan tentang latar belakang masalah, perumusan masalah, batasan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian, dan sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
            Bab ini menguraikan tinjauan pustaka dan masalah mengenai pengenalan iklan sebagai media promosi yang mampu meningkatkan daya tarik konsumen dan pelanggan.
BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN
            Pada bab ini berisi profil singkat Predator Skateshop Yogyakarta. Membahas tentang ide cerita, naskah, storyboard, dan analisis mengenai praproduksi.


BAB IV IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN
            Bab yang membahas proses pembuatan iklan dari hasil analisis yang telah dibahas, yaitu tahap produksi dan pasca produksi.
BAB V PENUTUP
            Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran yang sifatnya membangun untuk bahan peninjauan selanjutnya.
DAFTAR PUSTAKA
            Berisi tentang sumber-sumber ataupun buku-buku yang menjadi referensi atau acuan dalam penyusunan skripsi ini.

3.“Pembuatan Iklan Sebagai Media Promosi Pada Warhole Convection Yogyakarta Dengan Menggunakan Metode “motion graphics

            Informasi adalah salah satu dari beberapa kebutuhan yang sangat penting bagi setiap orang, dengan berbagai macam media yang berkembang pesat saat ini. Salah satunya adalah media iklan televisi, promosi menggunakan media iklan televisi memberikan daya tarik tersendiri bagi penontonnya, dengan memberikan informasi yang jelas dan menarik pasti akan menghasilkan tanggapan atau kesan yang baik dari konsumen dan akan memberikan keuntungan bagi produsen.
              Meningkatkan daya tarik calon konsumen adalah proses yang sangat sulit, dengan penelitian yang dilakuan oleh penulis ke objek penelitian ini, penulis menemukan bahwa promosi yang dilakukan Warhole Convection Yogyakarta mungkin masih menggunakan media promosi umum seperti facebook Instagram brosur dan kerabat. Media ini dirasa masih kurang luas cakupannya, dengan adanya media iklan televisi ini diharapkan perluasan informasi tentang Warhole Convection Yogyakarta dapat lebih efektif dan interaktif.
              Dari latar belakang masalah tersebut, penulis mengangkat sebuah judul “Pembuatan Iklan Sebagai Media Promosi Pada Warhole Convection Yogyakarta Dengan Menggunakan Metode “motion graphics” dengan adanya iklan tersebut diharapkan dapat memberikan informasi kepada konsumen dan dapat memperluas pemasaran.
              Berdasarkan latar belakang di atas maka dapat di buat rumusan masalah yaitu : Bagaimana membuat iklan Warhole Convection Yogyakarta yang dapat menarik minat para pengunjung dengan menggunakan metode motion graphics ?
              Sesuai dengan rumusan masalah diatas, maka batasan masalah yang di lampirkan, yaitu :
1.      Iklan ini dibuat untuk Warhole Convection sebagai media promosi dalam bentuk video.
2.      Peneliti menawarkan teknik motion graphics yang diterapkan dan memproduksi iklan serta ikut dalam mendistribusikannya.
3.      Hasil pembuatan teknik motion graphics ini akan berbentuk iklan berdurasi kurang lebih 30 detik dan menggunakan format standar iklan di indonesia.
              Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pembuatan skripsi ini, yaitu sebagai berikut :
1.      Membuat video iklan berbasis motion graphics untuk Warhole Convection Yogyakarta.
2.      Untuk memperkenalkan secara keseluruhan tentang perusahaan dari Warhole Convection Yogyakarta.
  1. Dapat memberikan informasi lengkap kepada konsumen dan dapat memperluas pemasaran Warhole Convection Yogyakarta.
4.      Sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan program Strata 1 Sistem Informatika Pada STMIK Amikom Yogyakarta.
              Video iklan yang telah selesai dibuat dapat digunakan Warhole Convection Yogyakarta sebagai media untuk membantu promosi kepada masyarakat luas terutama kalangan anak muda sehingga dapat menambah jumlah pengunjung dan meningkatkan pendapatan dalam peenjualan produk dalam negri maupun luar negri di Warhole Convection Yogyakarta.
Dalam melakukan penelitian untuk mendapat data, penulis menggunakan metode sebagai berikut:
      1.    Metode Observasi
Yaitu metode pengumpulan data yang di lakukan secara langsung datang ke Warhole Convection Yogyakarta oleh penulis untuk mengumpulkan data secara lengkap, tepat dan akurat.
           2.    Metode Interview (Wawancara)
Data yang diperoleh dari pertanyaan-pertanyaan secara langsung dengan mewawancarai pemilik dari Warhole Convection Yogyakarta. Cara ini adalah cara yang paling efektif untuk mengumpulkan data informasi secara akurat.
           3.    Metode Kepustakaan (Library)
Metode kepustakaan ini mengacu pada buku-buku atau literatur-literatur yang dibutuhkan sebagai tambahan referensi peneliti, mengenai teori cara pembuatan iklan dimana semuanya berkaitan dengan permasalahan yang akan dibahas.
              Agar  lebih mudah dipahami sistematika penyusunan laporan skripsi ini dibagi menjadi beberapa bab, yaitu sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN
            Bab ini menguraikan tentang latar belakang masalah, perumusan masalah, batasan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian, dan sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
            Bab ini menguraikan tinjauan pustaka dan masalah mengenai pengenalan iklan sebagai media promosi yang mampu meningkatkan daya tarik konsumen dan pelanggan.
BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN
            Pada bab ini berisi profil singkat Warhole Convection Yogyakarta. Membahas tentang ide cerita, naskah, storyboard, dan analisis mengenai praproduksi.

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN
            Bab yang membahas proses pembuatan iklan dari hasil analisis yang telah dibahas, yaitu tahap produksi dan pasca produksi.
BAB V PENUTUP
            Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran yang sifatnya membangun untuk bahan peninjauan selanjutnya.
DAFTAR PUSTAKA
            Berisi tentang sumber-sumber ataupun buku-buku yang menjadi referensi atau acuan dalam penyusunan skripsi ini.

Artikel Terkait

3 contoh BAB 1 pada Skripsi yang Baik dan Benar
4/ 5
Oleh